Jumat, 14 Oktober 2011

POAC

Sebelum gue menempuh mata kuliah manajemen.Gue kagak tahu POAC itu apaa. Awalnya Gue ngira kalo POAC itu adalah sebuah nama organisasi ‘Persatuan Orang Agak Culun’ atau sejenis ‘Perserikatan Orang Asli Cipit’ (kalo ada, gue mau jadi member. Pas gue pelajari ilmu manajemen, gue menmukan kalo POAC adalah suatu alat pelaksana Utama dari suatu bisnis/organisasi.

Elo : maksudnya alat?

Gue : ya alat. Hamper samalah kayak sapu,pel, atau alat cukur ketek.

Elo : bukan gitu bego. POAC itu adalah proses tahapan kegiatan yang dapat mendukung jalannya usaha.

Gue : nah itu elo tahu.

Seriusnya POAC itu adalah lokomotif utama dalam sebuah mesin perusahaan. Berhasil atau tidaknya sebuah perusahaan dapat dilihat dari berjalan atau tidaknya POAC perusahaan itu. Hampir dipastikan nggak ada satu perusahaan besar pun yang dapat tumbuh besar tanpa menggunakannya.

Elo : jadi POAC itu penting donk?

Gue : dibilang penting sih nggak. Tapi perusahaan harus punya POAC di dalamnya.

Elo : itu namanya penting dodol.

GUe : nah itu elo tahu?_?

POAC terdiri dari : Planning-organizing-Actuating-Controlling. semuanya harus dilakukan secara berurutan oleh perusahaan yang pingin besar.

Elo : emangnya gag boleh kalo dibolak-balik?

Gue : Boleh. Kalo elo yang punya usaha.

Elo : ~0~ (monyongin bibir)

Gue nggak bakalan bicara terlalu banyak tentang teori POAC, gue yakin elo semua udah pada jago dari pada gue. Tapi bagaimana dengan prakteknya. Nah itu yang pingin gue bagi disini. Sedikit banyak gue mau share tentang POAC yang dijalankan di bisnis papa. Plus beberapa usaha yang udah pernah gue rintis (termasuk warnet baru-baru ini) dengan mengandalkan planning dan organizing.

Tapi nggak sekarang bro-braw. Hari ini gue lagi sibuk prepare lebih buat olimpiade Brawijaya yang bakal gue ikutin hari selasa (cabang paduan suara).Gue dan tim bakal ngewakilin #POAC# Fakultas Ekonomi dan Bisnis di kanca universitas. So,Wish me luck and get gold medal ya.

Salam Sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar