Jumat, 03 Februari 2012

lamaran gaul

Sudah beberapa kali papa mendapatkan kiriman lamaran kerja. Dan terus terang saja, mereka sungguh kurang ahli dalam hal lamar dan melamar kerja. Beberapa diantaranya mengirimkan lamaran VIA SMS. Dan masalah sebenarnya adalah isinya.

halo pak. Apa kabar? ini nomor pak Purba??? gue mau Tanya apa disini menawarkan lowongan kerja? Kalau benar, tolong hubungi nomor ini, thx before

Jujur gue bakalan seneng banget kalo ngirim lamaran kerja bisa sesimpel dan segaul itu. Mungkin beberapa tahun lagi gue bakalan ngirim sms lamaran ke ribuan kantor di Indonesia tanpa harus mengeluarkan uang lebih dari $5000rb (dengan paket sms)

Mungkin karena papa jengkel dengan model sms yang “katanya” kurang sopan ini, dia membiarkan sms itu dan tidak memiliki niatan sedikit pun untuk membalas.

Karena merasa iba dan kasihan, maka secara diam-diam gue menyadap hp papa dan mengirimi balasan sms ke orang tergoblok tergokil yang pernah gue tahu itu.

“oeh om… ini ue om purba. Masih lom ada louwonganich. Maybe nesk time yow. Jiayou…”

Sebenarnya gue pengen nambahin dibawahnya kata “love u” tapi gue berfikir nggak akan mempermalukan papa gue sendiri dengan resiko sms itu menyebar dan gue akan banyak ditanyai

“bokap low homo ya?”

Gue segera membatalkan sms itu.

Karena gue curiga elo semua akan sealay itu dalam melamar lowongan, berikut gue akan sedikit mengevaluasi sms lamaran orang gila diatas.

1. Halo pak? ~kata ini sangat tidak sopan digunakan, apalagi kepada orang yang belom elo kenal. sebaiknya ucapkan selamat pagi atau lebih baik selamat makan, setidaknya itu lebih sedikit sopan.

2. Apa kabar?~ jangan sok kenal. Lebih baik gunakan kata-kata yang lebih detail, “bapak masih bernafas kan”

3. Ini nomor pak purba ?~ jangan bertanya hal sepeti ini, elo akan dikira agen pencari jodoh. Sebaiknya tanyakan hal yang lebih penting “ bapak sudah menikah?”

4. Gue mau Tanya? ~ bukannya dari tadi elo udah banyak Tanya? Sebaiknya elo bersikap lebih pintar, “apa anda ingin bertanya?

5. disini menawarkan lowongan kerja? ~ belajarlah untuk sok tahu “saya yakin disini membutuhkan tenaga, dan saya adalah orang yang tepat”

6. Kalau benar, tolong hubungi nomor ini! ~ jangan pernah memerintah calon atasan loe. Sebaiknya gunakan kata ancaman, “hubungi gue kalo loe gag ingin mati”

7. thx before~ jangan pernah menyingkat kata-kata dengan alasan apapun, sebaiknya gunakan bahasa yang lebih formal, “ makasi be’ud yow”

Sekian postingan kali ini, semoga kalian tidak jatuh di lubang yang sama seperti dia, karena gue jamin elo nggak akan pernah bisa mendapatkan pekerjaan apapun dengan cara seperti itu…

Be success…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar