Selasa, 03 Januari 2012

Planning Part 2

Aji Gile…. Udah hampir 3 bulan gue kagak posting di blog ini. Gue juga sempet lupa kalo punya blog ?_?. berhubung gue inget, langsung aja kita bahas materi bulan oktober yang gag selesai dibahas… cekidot…

Planning part 2
Planning itu penting!!!

Elo : ORANG IDIOT JUGA TAHU!!!

Cool man, tunggu penjelasan gue dulu donk…

Di dalam dunia bisnis, perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen, karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain—pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan—nggak bisa berjalan (kasus planning 1 lupakan ya).
Elo : lalu apa aja yang harus di rencanakan sebelum memulai bisnis???
Ada lima tahapan yang harus elo siapin sebelum memulai berbisnis:

Yang pertama : tentukan mau berbisnis apa (harus dengan pikiran logis)??? Dulu gue pernah ngerencananin buat usaha makanaan ringan. Alasannya cukup mulia, Gue suka makan makanan ringan (ini adalah contoh pikiran gag logis. Jangan ditiru. BERBAHAYA)

Yang kedua : pikirkan apa saja yang akan kamu butuhkan untuk menjalankan bisnis itu. Di dalam perencanaan bisnis makanan ringan itu, gue udah prepare segala macam hal yang kiranya gue butuhin. Mulai dari, makanan apa aja yang akan gue buat, bahannya apa aja, anggaran biaya, keren apa nggak, dll.

Yang ketiga : rencanakan bagaimana kamu akan menjalankan bisnis ini. Ini adalah tahapan yang paling menarik, selera dan cara berfikir anda akan menentukan corak dan warna bisnis anda di masa depan . Gue sempet berfikir untuk menjalankan bisnis ini dengan system delivery, yang kemudian gue ganti dengan system ada uang gue beri, hal ini memungkinkan untuk memproduksi barang jika ada pesanan saja.

Yang keempat : rencanakan hambatan apa saja yang mungkin akan anda hadapi. Tahap ini adalah tahap paling sulit. Ribuan orang mengendur semangatnya ketika memikirkan tentang hal ini. Banyak orang mengatakan tahap ini sama dengan merencanakan kegagalan. Hal itu tidak sepenuhnya benar. Tahap ini akan menjadi kekuatan anda ketika bisnis tidak berjalan sesuai rencana. Tapi jujur saja, pada tahap ini, rencana gue untuk membuat bisnis makanan ringan harus kandas. T_T

Elo : kenapa???

Gue : pada tahap ini gue baru tahu kalo gue punya satu kelemahan terbesar yang meruntuhkan motifasi awal gue usaha makanan ringan…

ELo : nggak punya modal???

gue geleng

ELo: nggak bisa masaknya???

Sekali lagi gue geleng…

Gue : Dokter ngelarang gue makan-makanan ringan (gue gampang batuk)…

Elo : T@T

Finally : Hal terakhir yang harus dilakukan pada tahap perencanaan adalah

JANGAN KEBANYAKAN RENCANA!!!, just do u’r plans

Tidak ada komentar:

Posting Komentar