Sabtu, 17 Maret 2012

sejarah karonet

Postingan ini dimuat untuk mengenang perjuangan gue dalam mendirikan bisnis warnet :

Waktu kecil gue pernah mengajukan sebuah proposal (baca: rengekan) ke papa buat dibukain sebuah usaha rental pe-es. Terus terang gue ngebet banget sama bisnis satu ini karena gue rasa bisnis ini adalah salah satu ide bisnis terhebat di masa itu (sekitar 5 tahun yang lalu), Coba elo lihat data berikut ini :

“8 dari 10 anak di kampung lebih memilih main winning dari pada petak umpet”

Coba elo pikir? Betapa berprospeknya bisnis ini jika dijalankan. Gue bisa membayangkan gue masuk daftar orang terkaya versi forbes…hahaha*oke. Ini mungkin sedikit lebay*

Gue udah berusaha dengan semaksimal mungkin untuk ngerengek ke papa, tapi sayang papa menolaknya mentah – mentah dengan alasan yang enggak masuk akal

Papa : kalo kamu usaha kayak gini, papa jamin kamu enggak akan naik kelas

Hingga akhirnya gue bernazar.

Gue :  Oke aku akan buktikan kalo tanpa bisnis ini pun AKU AKAN TETAP tinggal kelas…

PAPA : (lempar sepatu)

Intinya gue enggak diperbolehkan untuk membuka usaha itu karena kuatir gue akan jadi gamer maniak yang hobby nginep di rental-rental pe-es. Padahal kalo papa mikir lebih logis jauh lagi, gue bakalan lebih betah di rumah kalo ada usaha itu, *kan rental pe-es nya dirumah*

Tiga tahun yang lalu mas agong (saudara gue) yang baru aja lulus dari sekolah IT nawarin papa untuk share di usaha warnetnya. Yang perlu kami lakukan hanya join modal dan tempat sedangkan program dan barangnya akan disediakan sama mas agong. Dan saat itu papa terlihat tertarik :

Mas Agong : usahanya gampang om, nanti tinggal bayar orang aja buat jaga. Selesai dech

Papa : masak iya sesimpel itu? Terus kalo ada yang rusak?

Mas agong : nanti saya yang benerin (dengan gaya meyakinkan)

Papa : fungsinya warnet itu untuk apa sih?

Mas agong : jadi om BELUM TAHU warnet itu apa???

Sebelum mas agong menjelaskan apa itu warnet, maka gue lebih dulu menyelanya dan menjelaskan apa itu warnet menurut versi umumnya :

Gue : warnet itu tempat kita bisa mencari segala macam informasi pa. Tugas, makalah, berita, dan kita juga bisa belajar disini kayak disekolah.
Hal itu jelas bertentangan dengan otak gue yang berteriak keras :

“gue bisa main game online sepuasnya”

Gue : aku jamin aku akan dapat ranking kalo bisa dapat jaringan internet lewat warnet. Temen ku yang pinter –pinter belajarnya di warnet pa (tambah gue lebih meyakinkan)

Papa : beneran itu?

Mas agong: bener om… (sok tahu)

Papa : oke kalau gitu, kalo kamu pingin buka warnet kamu harus penuhi syarat-syaratnya papa dulu????

Apa aja syarat-syarat itu. Kita tunggu postingan selanjutnya !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar