Minggu, 25 Maret 2012

To be Professional

Tidak semua pekerjaan dapat dikatakan sebagai profesi. Supir bus, pelayanan restoran,Tukang becak, tukang jamu, tukang pukul, tukang ngambek, tukang bikin ribut, tukang tipu, mereka masuk kedalam kategori jenis-jenis pekerjaan  dan bukan sebagai profesi. Utnuk mempertegas pernyataan ini kita lihat definisi profesi berikut ini :

PROFESI, adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup yang mengandalkan suatu keahlian, yang dimana keahliannya tersebut dapat berdampak bagi masyarakat secara luas.

Jelas terlihat kalo proefesi dan pekerjaan itu dibedakan berdasarkan dampaknya terhadap lingkungan. Seorang Akuntan publik dan tukang jamu sama-sama memiliki keahlihan khusus, tapi apakah dampak yang ditimbulkan dari masing-masing pekerjaan itu sama besarnya?.

Kesalahan sedikit yang ditimbulkan seorang akuntan dalam mengatur debit kredit akan berdampak besar bagi suatu perusahaan, sedangkan kesalahan yang ditimbulkan tukang jamu tidak akan berpengaruh sejauh itu (kecuali si penjual jamu psikopat dan menaruh racun di dalam jamunya, jamu itu dicekokkan ke mulut semua orang satu komplek sehingga mereka mati keracunan).

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan terakhir yang ada di otak elo pasti adalah “apakah pengusaha itu tergolong kedalam sebuah profesi?”

Jawaban gue tetap sama, belum tentu! semua tergantung dari sejauh mana usaha itu berpengaruh terhadap lingkungannya.

Yang menjadi permasalahannya adalah, banyak orang menganggap bahwa bekerja secara professional itu hanya perlu dilakukan oleh pekerjaan – pekerjaan tertentu saja, seperti dokter, polisi, pegawai pemerintah, pengusaha, etc.

Sopir, pelayan, pembantu, dan segala macam tukang memang masih belum bisa dikatakan sebagai suatu profesi. Namun bukan berarti mereka tidak bekerja secara professional. Menurut gue, apapun pekerjaannya, kita dituntut untuk professional. Coba bayangkan kalo supir bus enggak professional (seperti yang terjadi beberapa kasus yang marak terjadi), BBM pasti udah naik dari zaman pra sejarah gara- gara orang- orang takut mati kalo naik bus. *bus=tranportasi ke akhirat*

Pekerjaan tukang bus itu lebih keren lho dari seorang dokter. Kalo dokter hanya bisa menyelamatkan 1 orang dalam sekali operasi besar. Supir bus bertanggung jawab menyelamatkan sejuta umat dari kecelakaan setiap harinya (udah kayak superman aja itu).

Maka dari itu alangkah indahnya kalo apapun pekerjaan dan profesi yang kita lakukan itu dilakukan secara professional. Gue jamin dech enggak akan ada lagi yang namanya KORUPSI, *yang ada cuma pembunuh professional doank* LOL
“whatever your job, you must to be professional”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar